Hal yang Perlu Kamu Tahu Saat Mengaplikasikan Eyeliner

Riasan mata yang tepat akan membuat mata terlihat lebih tajam, ekspresif, dan tampak lebih hidup.
Pexels/George Milton

Mata adalah area yang paling difokuskan dalam berbagai teknik riasan. Maklum, dengan merias area mata secara tepat, bisa mengubah tampilan wajah seseorang. Riasan mata yang tepat akan membuat mata terlihat lebih tajam, ekspresif, dan tampak lebih hidup. Untuk mendapatkan itu, jangan lupa membubuhkan eyeliner pada garis mata. Pada dasarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengaplikasikan eyeliner. Berikut ini di antaranya:

JENIS

Di pasaran ditawarkan berbagai jenis eyeliner, mulai pensil, krim, hingga cair atau liquid. Agar hasilnya bagus, aplikasinya harus tepat, seperti berikut ini:

  • Pencil: Pencil eyeliner paling populer dibanding bentuk lainnya. Maklum, eyeliner bentuk pensil paling mudah dihasilkan, dan memberikan hasil lebih alami, berupa garis lembut dan tidak terlalu tajam, sehingga cocok untuk di gunakan sehari-hari.  Jangan lupa untuk meraut eyeliner pensil sebelum digunakan. Ini penting untuk menjaga ketajaman garisnya, sekaligus menyingkirkan bakteri yang mungkin menempel pada pemakaian sebelumnya. Pensil yang berformula lunak dan lembut, cocok untuk membentuk garis mata tebal, sementara pensil yang lebih keras biasanya lebih tahan lama dan cocok untuk membentuk garis tipis.
  • Cair: Eyeliner cair dikemas dalam tube atau botol kecil, dilengkapi kuas tipis dan runcing untuk memudahkan aplikasi. Eyeliner cair memiliki warna lebih pekat dan tahan lama dibanding eyeliner pensil, sehingga garis yang dihasilkan pun lebih tajam dan tipis. Cara aplikasinya, gariskan kuas eyeliner di sepanjang garis mata atau area yang diinginkan. Tunggu hingga mengering sebelum membuka mata, atau menumpuknya dengan yang lain.
  • Krim: Eyeliner krim dikemas dalam pot (wadah kecil) dan memiliki formula yang sama dengan eyeliner cair. Eyeliner krim akan memberikan hasil berupa garis yang tepat, namun lembut. Karena formulanya sama, cara pengaplikasiannya pun sama, yaitu menggunakan kuas kecil berujung runcing. Hanya saja kuasnya harus dibasahi terlebih dahulu agar krim bisa menempel di kuas dan mata. Caranya, basahi kuas, oleskan pada krim, kemudian pulaskan pada area mata yang diinginkan. Eyeliner jenis ini lebih mudah mengering, baik itu di kulit maupun dalam kemasannya. Karena itu, tutup rapat-rapat kemasan setelah menggunakannya.

WARNA

Ada banyak warna eyeliner yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Berikut ini di antaranya:

  • Hitam dan Cokelat: Eyeliner warna hitam dan cokelat adalah warna klasik dan hasilnya natural, sehingga bisa diaplikasikan sehari-hari. Eyeliner hitam bisa memberi kesan tajam, glamor, dan bisa digunakan untuk mengoreksi bentuk mata kecil atau turun. Untuk mengoreksi bentuk mata kecil atau turun, caranya adalah tarik garis tipis pada garis kelopak mata dari bagian dalam mata, dan makin ke sudut mata makin tebal. Hal itu untuk memberi kesan mata tajam dan lebar. Sedang untuk mengoreksi bentuk mata turun, hindari membuat garis mengikuti bentuk mata, tapi arahkan garis agak ke dalam garis mata bawah. Untuk hasil natural, aplikasikan eyeliner cokelat di sepanjang garis mata. Sesuaikan pula dengan eyeshadow yang digunakan.
  • Warna Lain: Selain hitam dan cokelat, masih ada juga eyeliner yang berwarna lain, seperti putih, pink, biru, silver, merah, dan gold. Penggunaannya harus disesuaikan dengan tujuannya. Eyeliner putih bisa digunakan untuk mengoreksi bentuk mata yang terlalu lebar, karena memberi kesan mengecilkan bentuk mata. Tapi, eyeliner putih hanya cocok untuk mereka yang berkulit putih atau kuning. Sedang kulit cokelat atau gelap kurang cocok, karena akan terlihat kurang menyatu dengan kulit dan terlalu mencolok. Sedang warna eyeliner selain putih, bisa digunakan oleh semua warna kulit. Namun, sesuaikan dengan busana. Dan, biasanya lebih cocok untuk pesta, pertunjukan, atau make up fantasi. Teknik pengaplikasiannya hanya digariskan di separuh dari garis mata bagian dalam untuk memberi kesan segar dan cerah.

Sesuaikan dengan Tujuan!

Penting untuk memperhatikan pengaplikasian eyeliner, terutama tebal-tipisnya yang digariskan. Sebab, hal itu akan memberikan hasil yang berbeda. Umumnya, bagian mata yang ditegaskan atau dilembutkan adalah sepanjang garis kelopak mata, dan separuh garis mata bawah hingga ke sudut luar mata. Untuk memberikan kesan tegas pada mata, gunakan eyeliner warna hitam setelah menggunakan eyeshadow. Buat garis dari ujung mata bagian dalam, dan semakin ke sudut mata luar, makin tebal. Untuk kesan yang lebih lembut, gunakan kombinasi eyeliner hitam yang ditumpuk dengan eyeshadow warna cokelat.