Sering Dikira Sama, Ini Beda Sunscreen dan Sunblock!

Freepik

Kali ini CANTIQQU akan mengulas tentang beda sunscreen dan sunblock. Efek buruk paparan sinar matahari pada kulit, tentu sudah banyak diketahui. Di antaranya dapat menyebabkan kulit jadi kering, mengalami penuaan dini, vlek-vlek hitam, hingga yang paling buruk adalah menyebabkan kanker kulit.

Karena itu, kulit harus dilindungi dengan mengoleskan sunscreen atau sunblock, setiap kali sebelum beraktivitas. Karena sama-sama digunakan untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari, banyak yang beranggapan bahwa sunscreen sama dengan sunblock.

Sama-sama berfungsi untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, namun sunscreen dan sunblock adalah dua hal yang berbeda. Baik itu sifat, bahan, tekstur maupun cara pemakaiannya. Meski yang banyak dijual di pasaran saat ini, merupakan kombinasi keduanya. Lalu bagaimana membedakan keduanya?

SUNSCREEN

Sesuai dengan definisinya, adalah tabir surya yang bersifat menyaring atau memfilter sinar ultraviolet A atau UVA, sehingga masih bersifat menyerap dan mengurangi sebagian radiasi yang berbahaya untuk kulit.

Sunscreen umumnya mengandung bahan kimia, seperti avobenzone, oxybenzone, dan sulisobenzone, yang bisa meresap ke dalam kulit, sehingga mampu menahan radiasi sinar UVA.

| Baca Juga: Kulitmu Mudah Terbakar Matahari?

Itulah yang membuat sunscreen sering disebut dengan chemical sun protection. Teksturnya yang ringan, membuatnya mampu meresap hingga ke lapisan dermis kulit, sehingga efektif menangkal paparan sinar UVA yang bisa merusak kulit dan bersifat karsinogenik, atau bisa menyebabkan kanker.

Keunggulan lain sunscreen adalah bentuknya yang umumnya transparan, sehingga ketika diaplikasikan pada kulit tidak menimbulkan bekas.